Cara melengkapi Data Sarana dan Prasarana pada Dapodik v.4.0.0

Penambahan Sarana dan Prasarana baru disekolah serta pembaharuan data input kondisi sarana dan prasarana untuk melengkapi atribut isian pada aplikasi dapodik 4.0.0.

Untuk melakukan penambahan dan perubahan data, pengguna dapat menggunakan toolbar yang telah disediakan di menu Sarpras dan beberapa fiture tambahannya. Berikut adalah tombol-tombol utamayang ada di Menu Sarpras dan fungsi masing-masing tombolnya:

tombol utama di tabel sarana dan prasarana

 Tombol Tambah, menambah data
 Tombol Ubah, mengubah data
 Tombol Simpan, menyimpan perubahan
 Tombol Hapus, menghapus data
 Tombol Input kondisi, mendata kondisi kerusakan prasarana pada sekolah



Catatan: Ketika prasarana yang sudah mempunyai data sarana, maka otomatis tombol hapus otomatis nonaktif , namun apabila data sarana tidak ada (kosong), barulah data prasarana dapat dihapus atau tombol hapus aktif
tombol action menu
Action Menu, ada dua pilihan menu didalamnya, yaitu:


  • Tampilkan data prasana terhapus, untuk menampilkan data prasarana yang pernah terhapus, dan
  • Lanjutkan data periodik, untuk menyalin data periodik prasarana yang sudah pernah diinput di semester sebelumnya ke semester saat ini. Tampilannya adalah:
lanjutkan data periodik
Pilih Ya untuk melanjutkan data periodik dari semester sebelumnya, atau pilih Tidak untuk membuat atau mengisi ulang data periodik prasarana.

1. Tambah Data Prasarana

Untuk menambah data prasarana baik itu ruang teori/kelas, ruang praktek, ruang guru, ruang perpustakaan dan ruang lain yang ada di sekolah maka pengguna diharapkan melakukan input data sesuai dengan kondisi yang di sekolah. Adapun cara melakukan input data prasarana adalah sebagai berikut.
▪ Pertama, klik tombol tambah, lalu pilih jenis prasarana. Sebagai contoh, pengguna pilih ruang teori/kelas.
tambah prasarana
▪ Selanjutnya isi jenis kepemilikan prasarana tersebut, apakah prasarana tersebut adalah milik sekolah, sewaan, pinjaman, bukan milik, atau lainnya.
▪ Kemudian klik dua kali pada isian nama prasarana, isi nama prasarananya, isi pula panjang dan lebar prasarana tersebut.
▪ Catatan: pengisian nama prasarana di tabel sarpras akan digunakan dalam pengisian prasarana di tabel rombel. Jika ada prasarana yang dipakai oleh dua kelas, maka prasarana yang dimasukkan hanya satu. Contoh:
Prasarana/ ruangan A dipakai sebagai ruang teori untuk kelas 3 dan kelas 6. Maka pengisian di tabel prasarana adalah sebagai berikut:
contoh pengisian prasarana untuk digunakan di dua rombel berbeda.
▪ Setelah pengisiannya prasarana selesai, klik simpan sampai ada peringatan yang muncul. 
▪ Jika pengisian prasarana telah selesai, selanjutnya isi kondisi prasarana dengan menggunakan tombol Input Kondisi yang terletak di sebelah tombol Hapus, kemudian isi data tersebut sesuai dengan kondisi prasarana saat ini. Pengisian ini diharapkan berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana. Setelah selesai, klik tombol Simpan dan Tutup.
pengisian kondisi prasarana
▪ Lakukan pengisian prasarana yang lain sebagaimana langkah-langkah diatas.

2. Tambah Data Sarana, Buku, dan Alat

Pengisian data sarana, buku dan alat adalah sebagai berikut:
▪ Pertama, pilih prasarana yang akan pengguna isi sarananya, lalu klik tambah di tabel sarana, dan pilih jenis sarana yang akan diinput. Untuk mempercepat pemilihan jenis sarana, pengguna dapat mengetik nama sarana yang akan diinput, isi kepemilikan sarana, lalu klik simpan.
pengisian sarana
▪ Selanjutnya isi jumlah sarana dan status kelaikan (laik atau tidak laik) dengan cara klik tombol Lengkapi data periodik. Setelah selesai, klik simpan atau save and close.

▪ Setelah pengisian sarana selesai, hal yang perlu pengguna lakukan adalah pengisian buku dan alat. Untuk pengisian buku dan alat, pertama klik prasarana yang akan pengguna isi buku dan alat, lalu klik [Tambah] pada tabel Buku & alat, pilih mata pelajaran, isi tingkat pendidikan, jenis buku/alat, dan nama buku/alat, lalu klik simpan.
▪ Terakhir, isi jumlah buku atau alat dan status kelaikannya dengan cara klik tombol lengkapi data periodik. Setelah selesai, klik simpan atau save and close.
pengisian jumlah dan status kelaikan buku dan alat
Jika pengguna tidak menemukan jenis buku/alat yang dimaksud, sesuaikan ukuran kolom jenis buku/ alat dengan menarik judul kolom sampai terlihat tampilan . Tombol-tombol tersebut adalah tombol untuk melihat daftar buku di halaman berikutnya.
Contoh: khusus untuk pengisian jenis buku/alat pada kurikulum 2013, isian dimulai dari halaman 2-6.
Contoh beberapa jenis buku di kurikulum 2013 antara lain:
Contoh Jenis Buku pada kurikulum 2013
 BG.1 : Agama Islam = artinya adalah Buku Guru Tingkat 1 (SD) Mata Pelajaran Agama Islam, dst.
 BG.7 : Matematika = artinya adalah Buku Guru Tingkat 7 (SMP) Mata Pelajaran Matematika, dst.
 BS. 1 : Agama Islam = artinya adalah Buku Siswa Tingkat 1 (SD) Mata Pelajaran Agama Islam, dst.
 BS.8 : Matematika = artinya adalah Buku Siswa Tingkat 8 (SMP) Mata Pelajaran Matematika, dst.

Demikian artikel cara melengkapi Data Sarana dan Prasarana pada Dapodik v.4.0.0, semoga bisa membantu teman-teman sekalian. Salam satu data berkualitas.



Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.
Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang bisa menjawab silakan untuk bisa membantu
EmoticonEmoticon