Cara Mengerjakan Dapodik Menggunakan dua PC/Lektop atau lebih

Baiklah Sobat sekalian, di tengah-tengah kesibukan kita dalam mengerjakan Dapodik saya akan berbagi tips cara mengerjakan Dapodik dengan dua PC/lektop menggunakan jaringan Wifi atau sejenisnya. langsung saja tidak perlu basa-basi... silahkan di simak sobat.


Jaringan Komputer

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.


a. Dengan Menggunakan Koneksi Peer To Peer / AD-Hoc

Jaringan Ad hoc adalah jaringan mode WLAN yang memungkinkan beberapa komputer dapat saling terhubung untuk berbagi pakai secara bersama melalui jaringan nirkabel. Data dapodik dapat di inputkan melalui jaringan Ad-Hoc dengan menggunakan laptop/PC awal yang telah terinstall aplikasi dapodikdas sebagai server dan laptop/PC lain tanpa menginstall aplikasi dapodikdas.
jaringan menggunakan koneksi peer to peer
Untuk membuat koneksi adhoc dari laptop/PC client yang terinstall aplikasi dapodikdas versi 4.0.0 adalah sebagai berikut :

 Klik icon Network pada taskbar dan klik kanan open network and sharing center
icon network di taskbar
 Setelah klik open network and sharing center akan muncul jendela baru lalu klik Manage wireless network
manage wireless networks
 Lalu klik add pada pada jendela tersebut :
add network
 Lalu akan muncul jendela Manually Connect to a wireless Network lalu pilih create an ad hoc network seperti pada gambar berikut :
create an ad hoc network
 Lalu klik create an ad hoc network dan akan muncul jendela baru lalu klik next
proses pembuatan jaringan ad-hoc
Setelah klik next lalu akan muncul jendela baru untuk melakukan pembuatan nama SSID yang akan digunakan :
pembuatan nama SSID dan password
Keterangan :
  1. Network name: Diisikan nama SSID atau nama Wifi yang akan di gunakan sebagai server dapodikdas (ex . Dapodikdas2015).
  2. Security Type: Membantu dari segi keamanan saat pengiputan data. (berikan security type agar aplikasi dapodik pada server tidak mudah diakses oleh PC/Laptop selain milik sekolah atau Operator Sekolah).
 Setelah selesai melakukan pembuatan nama dan password untuk SSID telah dilakukan makan akan muncul gambar seperti dibawah :
proses pembuatan SSID dan password yang telah berhasil
 Lakukan cek dengan melihat di menu taskbar dengan icon , lakukan cek pada PC atau Laptop client yang belum terinstall aplikasi dapodikdas.
SSID yang sudah berhasil dibuat
 Jika PC atau Laptop Client sudah connect dengan SSID yang telah dibuat buka Browser pada PC atau Laptop Client lalu ketikan Url yang sama dengan Url server saat membuka Aplikasi dapodik (ex. Localhost:8080).

Catatan: Metode Ad-hoc untuk Aplikasi dapodikdas hanya dapat melakukan pengirim dengan PC atau Laptop yang menjadi server.

b. Penggunaan IP Public

Pengisian data pada aplikasi dapodikdas dapat menggunakan PC/Laptop server yang terkoneksi dengan internet.Penggunaan internet yang sama antara PC/Laptop server dengan PC/Laptop client dapat mengakses aplikasi dapodikdas tanpa harus PC/Laptop client menginstall aplikasi dapodikdas.Tata cara penggunaan nya sebagai berikut :
 Pastikan internet yang dipakai adalah internet yang sama antara server dan client :
kedua komputer terkoneksi ke jaringan yang sama
 Setelah internet yang di gunakan sama cek ip yang di dapatkan oleh PC/Laptop yang dijadikan server dengan cara START + search ,Ran, atau tekan Tombol Windows + R,  lalu ketikkan CMD :
ketikkan “cmd” pada menu Run
 Lalu akan muncul jendela baru atau yang biasa disebut terminal windows,dan ketikan ipconfig pada terminal cmd :
ketikkan “ipconfig” pada menu cmd
menu cmd untuk menemukan ip address
Setelah membukan Ipconfig lalu akan muncul Windows IP Configuration seperti gambar dibawah lalu tulis IPv4 Address yang tertera pada jendela CMD :

 Ketikan IPv4 address yang sudah didapat pada PC/Laptop server pada Web browser PC/Laptop Client:
ketikkan ip address di komputer client
Demikian artikel cara mengerjakan Dapodik dengan dua PC/Lektop, semoga bisa membantu teman dalam mengerjakan Dapodik terutama Sekolah dengan Siswa banyak. salam satu data berkualitas.

"Hanyalah Operator Biasa yang ingin berbagi kepada teman-teman Guru dan Operator diseluruh Indonesia."

3 komentar

terimakasih bos,, leptop ku bosok

minta belikan aja yang baru bang, demi kelancaran Proses Pendataan agar data bener-benar berkualitas.
Trimakasih sudah berkunjung, kapan2 bisa mampir kembali.

kok gk bisa,walaupun udh koneksi ad hoc lancar tp gk bisa buka dapodik di pc client. apa mesti instal jg di pc client aplikasi dapodiknya?

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.
Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang bisa menjawab silakan untuk bisa membantu
EmoticonEmoticon