CARA SINKRONISASI DAPODIK V.4.0.0 YANG BAIK DAN BENAR

Sinkronisasi adalah fasilitas di dalam aplikasi dapodikdas untuk mengirimkan data dari pengguna (operator sekolah) ke server pusat (dapodikdas). Sinkronisasi dapat dilakukan dengan cara klik tombol [Sinkronisasi] yang berada di tabel Beranda.
alur sinkronisasi
1. Sinkronisasi Online
Tampilan menu sinkronisasi adalah sebagai berikut:
laman awal sinkronisasi


Jika pengguna sudah terkoneksi internet, maka akan terlihat tampilan [Koneksi Anda dengan Internet : CONNECTED] berwarna hijau, namun jika pengguna tidak terkoneksi internet maka tampilan yang akan telihat adalah [Koneksi Anda dengan Internet: DISCONNECTED] berwarna merah.

Tabel [Data yang mengalami perubahan] adalah tabel untuk melihat jumlah data yang mengalami perubahan sebelum sinkronisasi, bukan jumlah data yg sudah diinput di dalam tabel tertentu. Contoh: jika ada 1 data murid dan pengguna melakukan perubahan data 3 kali (pada bagian alamat, RT, dan RW), maka jumlah data yang mengalami perubahan adalah 3.

Untuk melakukan sinkronisasi, pengguna cukup klik tombol [SINKRONISASI] yang berwarna hijau, kemudian tunggu proses sinkronisasi selesai. Tampilan proses sinkronisasi ditunjukkan dengan progress bar berwana hitam yang terdapat di atas form sinkronisasi. Contoh tampilannya adalah sebagai berikut:
tampilan proses sinkronisasi
Jika proses sinkronisasi sudah selesai, maka di dalam form sinkronisasi akan tampil waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sinkronisasi dan peringatan bahwa sinkronisasi berhasil.
tampilan sinkronisasi berhasil

Ada beberapa kriteria berhasil sinkronisasi yang perlu diketahui oleh pengguna. Kriteria-kriteria tersebut adalah:
 Tabel Data yang Mengalami Perubahan Kosong
tabel data yang mengalami perubahan kosong setelah melakukan sinkronisasi

 Tabel Data yang Dikirim ke Server Sukses
Pastikan data yang dikirim ke server tidak ada yang gagal. Perhatikan tabel ini setelah sinkronisasi, jika masih ada jumlah data yang gagal di tabel ini, maka pengiriman beberapa data tersebut belum berhasil.
data yang terkirim ke server sukses

 Ada Waktu Sync dan Selesai Sync di Tabel Update Log Sinkronisasi

Kriteria lain adalah pada tabel [Beranda] di pojok kanan bawah, terdapat tabel [Update Log Sinkronisasi] dimana pada tabel tersebut pengguna dapat melihat waktu sinkronisasi dan waktu selesai sinkronisasi. Sinkronisasi dapat dikatakan berhasil masuk ke server jika kedua kolom terisi (waktu sync dan selesai sync). Jika waktu selesai sync masih kosong, maka sinkronisasi dapat dikatakan gagal.
tabel update log sinkronisasi
2. Sinkronisasi Offline

Berikut ada fiture tambahan pada fungsi Sinkronisasi, jika daerah-daerah terpencil yang akses internetny kurang bagus, maka fiture ini yang di gunakan “Sinkronisasi Offline”. Berikut tampilan dan penjelasan tentang Sinkronisasi Offline :
tampilan sinkronisasi offline
Jika komputer pengguna tidak terkoneksi internet, maka otomatis terlihat tampilan [Koneksi Anda dengan Internet: DISCONNECTED], kemudian Klik tombol [SINKRONISASI] maka akan muncul peringatan sebagai berikut
message box sinkronisasi offline

Pilih Ok dan lanjutkan, maka file/data untuk sinkronisasi offline akan mendownload secara otomatis, dan hasil download file sinkronisasi offline dalam bentuk “123456789_sync_to_server.syc”.
Untuk mengirimkan data “123456789_sync_to_server.syc” ke server, maka data tersebut harus diunggah melalui website resmi http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ dengan tampilan berikut ini :
website resmi dapodikdas
Kemudian pilih sub-menu “Upload Data” yang terletak di sebelah kiri laman dapodikdas.
sub-menu ‘Upload Data’ di website dapodikdas
Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
tampilan upload data sinkronisasi offline
Masukkan kode registrasi sekolah, username aplikasi, password aplikasi dan tombol “Choose File” dan cari file yang berbentuk “123456789_sync_to_server.syc” lalu Klik [UPLOAD] dan tunggu proses hingga selesai, maka akan muncul tabel seperti berikut :
tautan data perubahan dari pusat
Kolom yang di beri tanda panah berikut adalah “Data Perubahan Dari Pusat” klik tautan tersebut dan unduh file berbentuk “123456789_receive_to_sync.syc”. File ini adalah file yang perlu dimasukkan kembali ke dalam aplikasi dapodikdas di lokal (komputer pengguna). Fungsinya adalah memasukkan data perubahan dari pusat ke dalam aplikasi di lokal.

Kemudian buka kembali aplikasi dapadikdas di lokal (komputer pengguna) dan akan muncul jendela seperti pada gambar berikut.
tampilan push data sinkronisasi pada aplikasi dapodikdas
Klik tombol [Choose File] dan cari file “123456789_receive_to_sync.syc” . Kemudian klik [PUSH DATA SINKRONISASI] dan tunggu hingga muncul data yang mengalami perubahan. Sinkronisasi offline selesai.

Demikianlah Alur Sinkronisasi Dapodik V.4.0.0 Tahun 2015, semoga bisa membantu teman-teman seperjuangan, salam satu data berkualitas.




0 Response to "CARA SINKRONISASI DAPODIK V.4.0.0 YANG BAIK DAN BENAR"

Posting Komentar