Tanya Jawab Seputar PUPNS ( 6 September 2015 )


1. Kenapa setiap kali membuka pada registrasi PUPNS, Maaf, Instansi anda belum membuka pendaftaran ?
Jawaban : Karena  BKD Setempat belum membuka pendaftaran, untuk lebih jelasnya bisa langsung ditanyakan ke Admin BKD setempat.

2. Bagaimana jika NIP yang diketik di ePUPNS yang muncul nama orang lain?
Jawaban : Pastikan NIP yang Anda ketik benar; Jika di pastikan sudah benat maka bisa langsung menuju kesini


3. Bagaimana jika data saya pada PUPNS beda instansi dengan sebenarnya?
Jawaban Jawaban : Pastikan NIP yang Anda ketik benar; Jika di pastikan sudah benat maka bisa langsung menuju kesini

4. Bagaimana jika data saya tidak ada dalam database BKN saat ketik NIP di ePUPNS?
Jawaban
1. Klik pilihan kategori permasalahan “Data Pensiun”.
2. Klik pilihan TMT CPNS Anda. Untuk PNS dengan TMT CPNS sesudah tahun 2008, form upload dokumen pendukung akan ditampilkan seperti pada gambar berikut ini :
5. Bagaimana jika data saya tidak ada dalam database BKN karena masuk dalam database Pensiun?
Jawaban : Pastikan NIP yang Anda ketik benar; Silahkan lampirkan Surat Keterangan Pembatalan Pensiun dari Badan/Biro Kepegawaian Instansi tempat anda bekerja atau untuk meminta bantuan pengaktifan dengan cara :

1. Klik pilihan kategori permasalahan “Data PNS Diberhentikan”
2. Klik pilihan TMT CPNS Anda. Untuk PNS dengan TMT CPNS sesudah tahun 2008, form upload dokumen pendukung akan ditampilkan seperti pada gambar berikut ini :
6. Bagaimana jika data saya tidak ada dalam database BKN karena status diberhentikan?
Jawaban : Pastikan NIP yang Anda ketik benar; Anda dapat menghubungi Badan Kepegawaian Daerah atau Biro Kepegawaian instansi anda, lampirkan surat pengaktifan kembali atau bukti tidak pernah mendapatkan hukuman disiplin diberhentikan.

7. Bagaimana jika data saya tidak ada dalam database BKN karena tidak mengikuti PUPNS 2003?
Pastikan NIP yang Anda ketik benar; Anda dapat menghubungi Badan Kepegawaian Daerah atau Biro Kepegawaian instansi anda dengan membawa bukti : Slip gaji 3 bulan terakhir, Surat Pernyataan dari atasan langsung, mengisi formulir hijau PUPNS 2003, lalu Tekan tombol helpdesk di pop-up .

8. Bagaimaan bila saya lupa nomor registrasi untuk masuk ke ePUPNS?
JawabanMasuk ke dalam form lupa nomor registrasi. Masukkan NIP Baru dan Jawaban atas pertanyaan pengaman.

9. Bagaimana bila saya lupa password untuk masuk ek ePUPNS?
Jawaban : asuk ke dalam form lupa password. Masukkan NIP Baru, Jawaban atas pertanyaan pengaman dan Nomor register.

10. Bagaimana bila saya lupa Nomor Register dan juga password di proses ePUPNS?
Jawaban : Masuk ke dalam form lupa pertanyaan pengaman. Masukkan NIP Baru dan Jawaban atas pertanyaan ibu kandung.

11. Bagaimana bila saya lupa Nomor Register dan juga password di proses ePUPNS?
Jawaban : Masuk ke dalam form lupa nomor register lalu ke dalam form lupa password. Masukkan NIP Baru, Jawaban atas pertanyaan pengaman dan Jawaban atas pertanyaan ibu kandung.

12. Bagaimana bila saya lupa jawaban atas pertanyaan ibu kandung?
Jawaban : Kirimkan Scan SK CPNS, KPE/Karpeg, SK Pengangkatan Terakhir dan Akte Kelahiran ke email Tim PUPNS BKN : satgaspupns2015@gmail.com.

13. Bagaimana bila data referensi seperti sekolah, unit kesehatan, bidang spesialis, unit organisasi, pendidikan, jabatan fungsional tertentu maupun umum, lokasi tempat lahir maupun lokasi kerja, mata pelajaran, diklat fungsional tidak ada atau tidak ditemukan saat pengisian form PUPNS?
Jawaban : Pastikan pengetikan referensi anda benar. Masuk ke dalam menu helpdesk, tekan tombol 'tanda tanya' disamping field pengisian atau masuk ke dalam form helpdesk dan pilih tipe refernsi yang diinginkan. Masukkan pengisian sesuai dengan format yang ada.


Bagi Yang Belum Mengetahui Tentang PUPNS Tahun 2015 silahkan simak keterangan berikut ini :


1. MAKSUD DAN TUJUAN

BKN sebagai penyelenggara manajemen, penyimpanan, pengelolaan dan pengembangan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi maka diperlukan database Aparatur Sipil Negara yang akurat, terpercaya dan integrasi, perlu dilakukan pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil secara online dan terintegrasi antar Instansi Pemerintah baik Pusat dan atau Daerah. Berdasarkan Peraturan Kepala BKN Nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015, pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil secara elektronik yang dimaksud dilakukan melalui Sistem Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) yang dibagun oleh Badan Kepegawaian Negara. Untuk itu mendukung pelaksanaan pendataan ulang PNS, selain sistem untuk pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil, diperlukan sistem pendukung yang dapat memberikan bantuan secara interaktif kepada para Pengguna (User) yaitu PNS, Unit Kerja khususnya yang terkait dengan pelayanan kepegawaian serta Badan Kepegawaian Negara. Sistem pendukung yang digunakan dalam pelaksanaan pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil secara elektronik yang disebut dengan Sistem Helpdesk.

2. FUNGSI

Sistem Helpdesk Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) berfungsi sebagai perangkat (tool) dalam dalam mendukung kegiatan pendataan ulang PNS, sistem ini juga berfungsi sebagai sarana interaktif untuk memberikan bantuan untuk semua pihak yang terkait dalam proses pendataan ulang PNS baik Instansi Pusat maupun Daerah.

3. RUANG LINGKUP

Ruang lingkup Pengguna Sistem Helpdesk Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) adalah :


1) Pegawai Negeri Sipil (PNS).
2) Instansi Pemerintah baik Pusat maupun Daerah khususnya unit atau satuan kerja yang bertugas melakukan pelayanan kepegawaian.
3) Badan Kepegawaian Negara Pusat dan Kantor Regional.

4. ALAMAT AKSES

Sistem Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) merupakan suatu sistem yang dibangun dengan terknologi berbasis web, saat ini untuk administrator dapat mengakses dengan menggunakan web browser melalui alamat : http://pupns.bkn.go.id/helpdesk


3 Responses to "Tanya Jawab Seputar PUPNS ( 6 September 2015 )"

  1. Error 500,gimana solusinya ? Sudah coba berulang ulang dgn komputer atau web yg berbeda,tetep error 500,wktu login antara jam 1.00 sampai 06.00.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eror 500 itu kebanyakan disebabkan oleh Server PUPNS, jadi coba ulangi lagi di jam2 sepi

      Hapus
  2. entri pendidikan terakhir tp tdak dapt disimpan.solusi bgmna?

    BalasHapus