INFO TERBARU | Nilai Rata-Rata UKG 2015 Ditargetkan 5,5




Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan nilai rata-rata Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 ini sebesar 5,5. Nilai rata-rata ini meningkat dari nilai rata-rata yang dicapai oleh guru-guru pada UKG pertama yang diselenggarakan pada 2012 lalu.
Adapun nilai rata-rata UKG pada 2012 lalu adalah 4,7. Nilai tersebut sangat rendah, dan menggambarkan masih rendahnya kualitas guru di Indonesia. Dari 1,6 juta guru yang mengikuti UKG saat itu, lebih dari 80 persen mendapatkan nilai di bawah 50 dari rentang nilai 0-100.
Santi Ambarukmi, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Perencanaan Kebutuhan, peningkatan Kualifikasi dan Kompetensi, Direktorat Jenderal Guru dan tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud menuturkan target nilai rata-rata UKG ditingkatkan perlahan-lahan.
"Setiap tahun, nilai rata-rata UKG ini kami tingkatkan. Melihat sebelumnya adalah 4,7 akan berat jika langsung ditingkatkan target menjadi tujuh misalnya. Puncaknya nanti diharapkan pada 2019 mendatang UKG mencapai rata-rata 8,0," ucapnya, di gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (15/10/2015).
UKG 2015 akan digelar pada November mendatang. UKG 2015 akan digelar pada tanggal 9-27 November untuk UKG online, dan 24 november untuk UKG offline atau manual.
"Enggak usah gelisah, resah, dan galau. UKG ini untuk memetakan saja, sehingga guru yang nilainya rendah bisa mendapatkan pelatihan yang tepat," 
Soal yang diujikan pada UKG adalah 200 mata pelajaran, sesuai jenis dan jenjang pendidikan. Soal-soal tersebut akan disesuaikan berdasarkan latar belakang pendidikan, sertifikasi pendidik, dan jenjang pendidikan tempat guru bertugas.
"Misalnya, kalau guru matematika SMP, ya akan mendapat soal matematika SMP. Nanti hasilnya akan menjadi patokan bagi pengembangan program pelatihan selanjutnya," terangnya.
Sebanyak 3.015.315 guru akan menjalani UKG 2015. Ini termasuk 1,6 juta guru yang pada 2012 lalu telah mengikuti UKG
Baca Juga KISI-KISI UKG 2015

"Hanyalah Operator Biasa yang ingin berbagi kepada teman-teman Guru dan Operator diseluruh Indonesia."

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.
Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang bisa menjawab silakan untuk bisa membantu
EmoticonEmoticon