Pemprov Sumatra Utara Tidak Menerima CPNS 2015


C A H A Y A . C O M | 
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tahun 2015 ini tidak membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), karena jumlah PNS di lingkunganPemprovsu masih cukup. Bahkan perhitungan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provsu, sampai 2020 nanti PNS yang ada masih bisa dimaksimalkan.
"Tahun ini kita tidak membuka pendaftaran untuk CPNS, kami cukupkan dengan PNS yang ada," ujar Kabid Pengadaan dan Pembinaan BKD Sumut Kaiman Turnip, Senin (26/10).

Namun dikatakan Kaiman, untuk pemerintah kabupaten/kota apakah membuka penerimaan CPNS, dia mengaku belum mengetahuinya, karena hingga saat ini belum ada surat yang masuk ke BKD Sumut. "Pemkab/kota biasanya langsung ke pusat berkoordinasi soal dibukanya penerimaan CPNS di daerahnya. Jadi ke Pemprovsu belum ada surat kabupaten/kota terkait penerimaan CPNS itu," ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, jumlah PNS Pemprovsu ada 11.800 orang. Jika moratorium dilaksanakan pemerintah pusat, maka Pemprovsu harus menunggu lima tahun kedepannya untuk perekutan CPNS. Sebab akan ada 2.000 PNS yang pensiun setelah lima tahun kedepannya. "Jadi, masih tersisa 9.800 PNS-nya," katanya.

Dia mengatakan, berdasarkan peraturan Aparatur Sipil Negara (ASN), usia pensiun PNS bertambah dua tahun. Jadi, dalam dua tahun ke depan baru ada PNS Pemprovsu yang pensiun. "Jumlah PNS Pemprovsu rata-rata pensiun ada 500 orang tiap tahun.

Kalau tahun 2016, baru ada PNS kita yang pensiun, maka sampai 2020, baru ada 2.000 PNS yang pensiun. Jumlah ini masih bisa dimaksimalkan untuk menjalankan roda pemerintahan," ujarnya.

Begitupun, bukan berarti PNS di Pemprovsu sekarang berlebih. Alasan lainnya, katanya, Pemprovsu tidak menerima CPNS tahun ini karena tahun 2013 sudah terima 236 orang PNS. Semuanya tenaga teknis dan paramedis, dan itu masih cukup.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumut Hidayati mengatakan, untuk penerimaan tenaga penyuluhan lingkungan saat ini sedang dibutuhkan, bahkan pemerintah pusat sudah membuat rencana untuk menerima sebanyak 9.000 orang tenaga penyuluhan lingkungan untuk seluruh Indonesia.

"Mungkin tahun depan akan kita buka pendaftarannya untuk Sumut, memang kita belum tahu berapa yang dibutuhkan untuk Sumut.

Tenaga penyuluhan lingkungan ini nantinya akan kita didik dulu untuk mengetahui lingkungan nantinya baru kita terjunkan ke lapangan," 

"Hanyalah Operator Biasa yang ingin berbagi kepada teman-teman Guru dan Operator diseluruh Indonesia."

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.
Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang bisa menjawab silakan untuk bisa membantu
EmoticonEmoticon