OPERATOR SEKOLAH VS DAPODIK

Selamat pagi, siang, sore, malam semuanya sobat Operator Sekolah Indonesia, sedikit saya akan membahas tentang tugas operator sekolah, sebenarnya tugas Operator Sekolah itu bisa dibilang mudah dan juga bisa dibilang  susah, kenapa bisa begitu? 
Sebab jika kita sebagai operator sekolah melaksanakan tugas sebagaimana yang telah ditentukan, pastinya kita menjalani kerjaan sebagai operator sekolah sangatlah mudah, akan tetapi kita sebagai operator terkadang tugas kita telah melebihi batas kerjaan kita, maka bisa dibilang untuk kerjaan kita sangatlah berat.

Tugas operator sekolah hanya terbatas menginput data, namun jika data tidak lengkap terkadang sistem aplikasi tidak mau berjalan (invalid). Hal ini yang merepotkan, jika direkayasa saya tidak berani melakukan. Beberapa kali formulir saya kembalikan untuk dilengkapi, atau saya telepon yang bersangkutan bila data kurang lengkap. Dan saya pun memperingatkan pentingnya Dapodik sesuai Juknis kepada kepala sekolah dan PTK lainnya.

Mulai tahun 2012 kita sudah mengenal Dapodik, dapodik diperkenalkan pada pertama kali berbentuk Aplikasi standar, kemudian pada tahun 2013 Aplikasi dapodik sudah menggunakan Aplikasi berbasis browser, agar memudahkan dalam mengentri data. sedangkan pengertian Dapodik sendiri adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Karena tanpa perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan. 
Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan, maupun untuk melaksanaan program-program pendidikan secara tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date. Dengan ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan. 

Sehubungan dengan hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional telah mengembangkan suatu sistem pendataan skala nasional yang terpadu dan disebut dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Dapodik ini dikelola oleh biro PKLN sampai tanggal 30 Maret 2010 diserahterimakan kepada PSP Balitbang. Data pokok pendidikan awalnya dapat diakses melalui situs dapodik.org yaitu data sejak tahun 2006 sampai 2011. Untuk data tahun 2012 tidak tersedia di situs dapodik.org karena situs tersebut telah ditutup sejak 1 Januari 2012. Berdasarkan surat edaran dari Kemdiknas no. 1980/P3/TP/2011 tanggal 14 September 2011 data NPSN dan NISN hanya dapat diakses melalui situs kemdiknas.

Jadi kita sebagai Operator sekolah sebenarnya mempunyai tugas pokok menginput data sekolah ke Aplikasi Dapodik, sedangkan untuk tugas-tugas lain selain dapodik itu hanya tugas tambahan, jadi sebenarnya enak tugas kita.....
Tapi yang jadi permasalahan adalah kita sebagai Operator sekolah sejak tahun 2012 untuk penghasilannya sangat minim sekali, banyak operator yang mengundurkan diri karna dengan tuntutan tugas pokok kita sebagai Operator sekolah yang wajib harus dikerjakan.
Sedangkan kendala operator sekolah dalam melaksanakan tugasnya sangatlah banyak, diantaranya, jaringan internet yang sangat minim, bagaimana tidak, untuk sekolah-sekolah yang didaerah terpencil sangatlah susah untuk mengikuti program-program pendataan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Nasional, maka dari itu untuk operator sekolah yang didaerah pedesaan terpencil sangatlah perlu perjuangan yang tinggi.

Sebenarnya jabatan sebagai Operator sekolah itu sangatlah mulia, operator sekolah bisa dikatakan sebagai Jantungnya sekolah, jika suatu sekolah tidak ada operatornya mungkin sekolahan tersebut tidak akan bisa berjalan dengan lancar, maka dari itu tugas Operator sekolah sangatlah Mulia walaupun selama ini banyak yang memandang sebelah mata untuk tugas operator sekolah tersebut.
Jadi sekali lagi bagi yang mendapat tugas tambahan sebagai Operator sekolah bersyukurlah kalian, walaupun untuk saat ini penghasilan sebagai operator sekolah bisa dikatan minim sekali tapi kita harus yakin suatu saat nanti pasti kita akan merasakan hasilnya juga.
Salam Satu data untuk Pendataan sekolah yang berkualitas.
Tunggu artikel saya berikutnya tentang cara mendapatkan penghasilan tambahan sebagai operator sekolah.

0 Response to "OPERATOR SEKOLAH VS DAPODIK"

Posting Komentar