CARA DAFTAR CPUN TAHUN 2016


Selamat pagi kawan-kawan Opertor Sekolah Se-Nusantara..
Kali ini saya akan membagikan informasi cara mendaftarkan CPUN calon peserta ujian nasional tahun 2016. merangkum info dari Dikdasmen, Jakarta. Sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Petunjuk Teknis Pendataan Peserta Ujian Nasional Tahun 2016, bahwa pendaftaran calon peserta Ujian Nasional pada tahun pelajaran 2015/2016 akan sama seperti tahun lalu yaitu menggunakan Aplikasi DAPODIK (Data Pokok Pendidikan).


Ketentuan rujukan dalam penyaringan calon peserta UN ada di dalam aplikasi Dapodik yaitu pada Menu Data Peserta Didik dan ini berlaku untuk sekolah/satuan pendidikan tingkat SMP, SMA, dan SMK. Sehingga diharapkan tiap sekolah segera memeriksa hal-hal penting yang diperlukan yaitu apakah kelengkapan dan kemutakhiran semua data peserta didik sudah anda periksa mulai dari data identitas peserta didik, NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), serta data orang tua peserta didik tersebut, semuanya pastikan sudah lengkap agar proses pendaftaran peserta UN 2016 nanti bisa berjalan lancar.

Hal yang sangat penting sekali adalah memeriksa data Verval PD (Verifikasi dan Validasi Peserta Didik) terkait NISN, silahkan cek di vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Kalo verifikasi data NISN sudah benar, selanjutnya adalah langkah verifikasi data peserta didik sebagai calon peserta ujian nasional yang bisa Bapak/Ibu lakukan pada halaman Manajeman UN kemdikbud berikut:

  • Satuan Pendidikan Dasar (SD, SMP) lewat URL: http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/
  • Satuan Pendidikan Menengah (SMA dan SMK) lewat URL: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/

Alur dari tahap berikutnya, hasil verifikasi file data calon peserta UN tingkat akhir diserahkan oleh tiap satuan pendidikan kepada panitia ujian nasional yang ada di dinas pendidikan kabupaten/kota. Kemudian File/data tersebut diproses oleh panitia ujian nasional tingkat kabupaten/kota dengan mengirimkannya kepada panitia ujian nasional tingkat pusat melalui aplikasi BIO-UN yang selanjutnya akan menjadi Data Peserta Ujian Nasional 2016.
Alur Data Pendataan CPUN (Calon Peserta Ujian Nasional)

Cara pendaftaran Peserta Un (Ujian Nasional)

1. login menggunkan id dapodik / dikmen beserta Kode Registrasi


2. Maka akan melihat tampilan seperti di bawah ini :


3. Pilih calon peserta UN , setelah memilih calon peseta UN maka akan melihat tampilan seperti berikut ini :


Batas akhir dari Jadwal Pengisian Dapodik terkait pendaftaran calon peserta UN 2016 adalah 31 Desember 2015 sesuai keterangan dari Kemdikbud:

Khusus yang di bawah Kemenag pada PKLK/SLB atau satuan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, prosedur di atas tidak digunakan. Untuk itu prosedur tersendiri sudah dibuat oleh Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan).

"Hanyalah Operator Biasa yang ingin berbagi kepada teman-teman Guru dan Operator diseluruh Indonesia."

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.
Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang bisa menjawab silakan untuk bisa membantu
EmoticonEmoticon