MEKANISME PENDATAAN CALON PESERTA UJIAN NASIONAL SD, SMP, SMA.TAHUN 2016


Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) tahun 2016 akan menggunakan data Peserta Didik yang terdaftar di Aplikasi Dapodik. Sekolah yang melaksanakan prosedur pendaftaran CAPESUN melalui Aplikasi Dapodik adalah sekolah yang berada di bawah naungan KEMDIKBUD dengan bentuk pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK. 

Sekolah diharapkan segera memeriksa kelengkapan dan kemutakhiran data peserta didik Calon Peserta Ujian Nasional di Aplikasi Dapodik seperti identitas pribadi peserta didik, NISN, dan data orang tua peserta didik. Verifikasi data peserta didik yang menjadi Calon Peserta Ujian Nasional dapat dilakukan di website Manajemen Dapodik.

Data hasil verifikasi CAPESUN di website manajemen diserahkan oleh sekolah kepada Panitia UN di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Panitia UN di Kabupaten/Kota akan memproses data CAPESUN yang diberikan sekolah untuk diproses menjadi data Peserta Ujian Nasional oleh Panitia UN Pusat.



Mekanisme Pendataan Calon Peserta UN untuk SD, SMP dan SMA/SMK.
  1. Buka Web : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ dan http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/ untuk SMA/SMK
  2. Klik Pendataan Peserta UN, Login menggunkan akun yang digunakan untuk login dapodik
  3. Klik Calon Peserta UN pada langkah SD dan SMP.
  4. Atur Nomor Kursi, lalu Klik Unduh CPUN ke Excel.
  5. Croscek CPUN tersebut dengan dokumen pendukung (Ijazah SD, Akte dll), jika terjadi kesalahan, segera perbaiki di Dapodik, lalu sinkron lagi, tunggu beberapa waktu.Kemudian lakukan langkah seperti diatas lagi. Jika sudah benar data peserta CAPESUN lakukan ke langkah 6.
  6. Langkah selanjutnya adalah unduh File Calon Peserta UN (Data Sudah Valid) berekstensi DZ. File ini akan digunakan untuk dimasukan(diimpor) kedalam Aplikasi BIOUN. Serta unduh berita acara.

Catatan :
1.Untuk Aplikasi BIO UN SMP dan SMA/SMK dimiliki sekolah masing-masing dan untuk proses impor file DZ ke aplikasi BIO UN dilakukan sendiri, File hasil impor ke aplikasi berekstensi .

2.Untuk jenjang SD aplikasi BIO UN SD dimiliki Oleh operator K3S atau Operator yang ditunjuk oleh kecamatan masing-masing. Pengimporan file DZ seluruh SD di kecamatannya dilakukan oleh operator tersebut.

3. File yang dikumpul ke Dinas / Panitia tingkat kabupten yang mengurusi pendataan CAPESUN adalah FILE dz, FILE dbf dan BERITA ACARA paling lambat tanggal 25 Desember 2015.

"Hanyalah Operator Biasa yang ingin berbagi kepada teman-teman Guru dan Operator diseluruh Indonesia."

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.
Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang bisa menjawab silakan untuk bisa membantu
EmoticonEmoticon