Langkah cepat mengerjakan Dapodik V.410 untuk semester 2 tahun 2015/2016

Aplikasi Dapodik V.4.1.0 secara resmi telah diterbitkan untuk kebutuhan semester 2 tahun 2015/2016, Aplikasi Dapodik V.4.1.0 adalah Aplikasi Dapodik Generasi terbaru yang sebelumnya menggunakan Aplikasi Dapodik V.4.0.3, Aplikasi ini membawa perubahan dengan tambahan fitur yang sangat memudahkan untuk kepentingan sekolah.

Baca juga : Fitur Tambahan yang ada di Aplikasi Dapodik V.4.1.0 
Baik sobat Operator Sekolah kali ini saya akan membagikan Tips Langkah cepat mengerjakan Dapodik V.410 untuk semester 2 tahun 2015/2016.
Silahkan lakukan hal-hal berikut ini dengan cata berurutan agar bisa dengan cepat mengerjakan dapodik V.410.
  1. Instal Dapodik v.4.1.0 (Jika belum punya silahkan Download di sini
  2. Instal Aplikasi Dapodik V.4.1.0 (Baca Cara instal Dapodik V.4.1.0 di sini
  3. Buka dapodik v.4.1.0 dan lengkapi data pada menu sekolah.
  4. buka menu sarpras klik action menu pilih lanjutkan data periodik.
  5. Bagi yang mempunyai perpustakaan silahkan daftarkan perpustakaan di sini agar bisa mendapatkan No. regestrasi perpustakaan. selanjutnya isi pada menu sarpras. 
  6. buka menu peserta didik, lanjutkan data periodik, lengkapi data siswa. dan silahkan operator membuat blanko peserta didik yang layak diusulkan PIP (buat perkelas dan ajukan ke wali kelas, contoh blanko terlampir) Setalah mengisi balonko silahkan input di menu peserta didik.
  7. Buka menu PTK, lengkapi data semua PTK untuk pengusulan berbagai tunjangan di tahun 2016.
  8. Setelah melengkapi semua data PTK, silahkan buat akun PTK di menu penugasan (Akun ini akan digunakan oleh PTK untuk keperluan transaksi semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK) kalau bisa  PTK sendiri yang memasukan password tersebut.
  9. Jangan lupa cek email semua masing-masing PTK dan pastikan email harus aktif karena akan dibutukan untuk semua kebutuhan transaksi yang dikelola oleh Ditjen GTK.
  10. Buka menu Rombongan belajar, Lanjutkan Rombel untuk lanjutan semester sebelumnya, klik Action Menu di pojok sebelah kanan dan pilih lanjutkan semester, pilih semua rombel.
  11. Setelah Rombel berhasil dilanjutkan silahkan isi pembelajaran untuk masing-masing Rombel.
  12. Cek validasi di menu utama dan lakukan sinkronisasi.
  13. Cek data hasil sinkronisasi secara berkala diweb resmi Dapodik.
Cara Daftar Akun PTK di Dapodik
Itulah cara singkat mengerjakan Dapodik V.4.1.0 untuk semester 2 tahun 2015/2016, semoga bisa bermanfaat. Selamat berkerja, kunci sukses semua data sekolah dan semua pengusulan tunjangan ada di Operator Sekolah. Sooo buat kawan-kawan kerjakan dengan penuh tanggungjawab mulai dari sekarang, jangan menunda-nunda lagi, sepertinya Kemdikbud tidak main-main dengan batas akhir 29 Februari 2016, setelah tanggal tersebut tidak akan menerima usulan berbagai tunjangan. Jangan lupa kerjakan dengan Iklas, iklas dan penuh keiklasan.

"Hanyalah Operator Biasa yang ingin berbagi kepada teman-teman Guru dan Operator diseluruh Indonesia."

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.
Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang bisa menjawab silakan untuk bisa membantu
EmoticonEmoticon