Cara Mengusulkan Siswa Layak Menerima PIP melalui Aplikasi Dapodik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan tugas dan kewenangannya melaksanakan Program Indonesia Pintar dengan tujuan untuk meningkatkan akses bagi anak usia 6 sampai dengan 21 tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah, dan mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out).

PIP diharapkan mampu menjamin peserta didik dapat melanjutkan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, dan menarik siswa putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan.

PIP bukan hanya bagi peserta didik di sekolah, namun juga berlaku bagi peserta didik di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dan Balai Latihan Kerja (BLK), atau satuan pendidikan nonformal lainnya, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Berikut cara untuk pengajuan bagi peserta didik yang layak menerima PIP / BSM di tahun 2016 pada jenjang SD, SMP, dan SLB melalui aplikasi Dapodik :

1.  Bagi Rekan Operator Dapodikdas SD, SMP, dan SLB Tahun 2016 silahkan login di aplikasi Dapodikdas maupun Dapodikmen sekolah masing-masing.

2.   Setelah berhasil login, silahkan klik pada tab “Peserta Didik”, lalu pilih salah satu nama anak yang layak mendapatkan PIP dengan klik pada tab “Ubah”.

3.   Selanjutnya pada bagian Data Pribadi Anak, silahkan scroll ke bawah, lalu perhatikan pada item Penerima KPS/KKS/PKH/KIP, jika anak sudah memiliki KIP maka pada isian data ini telah terisi seperti gambar berikut ini :


4.   Namun bagi anak yang tidak memiliki pengusulan bagi peserta didik yang layak menerima PIP yakni dengan cecklist “Tidak” pada Penerima KPS/KKS/PKH/KIP, Kewarganegaraan “Indonesia”, kemudian pada bagian Layak diusulkan PIP silahkan cecklist “Ya”.

5.   Kemudian pilih salah satu Alasan Layak diusulkan PIP, dari beberapa pilihan yang tersedia berikut ini :

a.   Pemegang PKH/KPS/KKS/KIP
b.   Menerima BSM 2014
c.   Yatim Piatu/Panti Asuhan/Panti Sosial
d.   Dampak Bencana Alam
e.   Pernah Drop Out
f.    Siswa Miskin / Rentan Miskin
g.   Daerah Konflik
h.   Keluarga Terpidana / Berada di LAPAS
i.    Kelainan Fisik.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan pada gambar berikut ini :

6.   Jika sudah selesai, silahkan klik pada tombol “Simpan”
Baca Juga : Cek Penerima PIP online 2016
Demikian cara mengusulkan penerima PIP bagi siswa SD, SMP, dan SLB Tahun 2016 melalui aplikasi Dapodik. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

"Hanyalah Operator Biasa yang ingin berbagi kepada teman-teman Guru dan Operator diseluruh Indonesia."

1 komentar so far

BAGI TEMAN TEMAN OPERATOR SEKOLAH BISA MENDAFTARKAN SISWANYA UNTUK MENDAPATKAN BSM/PIP MELALUI DAPODIK SEKOLAH MASING MASING

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.
Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang bisa menjawab silakan untuk bisa membantu
EmoticonEmoticon