Sertifikasi Guru Melalui Jalur PPG, Haruskah Berbayar?

Baca Juga



Seorang guru curhat, berkirim email berisi beberapa dokumen persyaratan mengikuti sertifikasi melalui jalur PPG. Saya tertegun dengan pakta integritas yang harus ditandatanganinya. Di sana disebut jelas:
"BERSEDIA MENGIKUTI DAN MEMBIAYAI SELURUH PROSES SERTIFIKASI GURU"

Lho, jadi sekarang untuk guru yang diangkat antara 31 Desember 2005 sampai 31 Desember 2015, sertifikasinya jalur PPG ini, dan biayanya ditanggung guru sendiri? Wah, berat ini.

Besarnya berapa? Saya belum tahu persisnya. Tapi, dari rasan-rasan di grup FB, nominalnya Rp 15 jutaan, untuk durasi hampir 6 bulan. Bukan jumlah yang sedikit tentu saja, terutama untuk teman-teman guru honorer. Memangnya gaji mereka selama ini berapa? Kok mau disertifikasi harus bayar mahal, dan itupun belum dijamin lulus?

Saya menebak-nebak, mungkin sekarang PPG itu domain Kemristek Dikti, sebab penyelenggaranya pihak LPTK. Dan biaya segitu dianggap wajar "mahasiswa" harus bayar sendiri, disamakan dengan sarjana kedokteran yang ingin diwisuda sebagai dokter juga harus bayar kuliah sendiri.

Regulasi ini jangan berlaku surut, untuk teman-teman yang sudah (terlanjur) jadi guru. Jika pun mau diterapkan, lebih tepat mungkin untuk guru yang pengangkatannya mulai 1 Januari 2016 ini. Dengan demikian, para mahasiswa keguruan di LPTK sekarang sudah bersiap diri, kalau dia mau jadi guru profesional harus menempuh PPG dulu, sama seperti sarjana kedokteran yang harus menamatkan pendidikan profesi dokter.

Lagi pula, dana Rp 15 juta itu rinciannya untuk apa? Saya coba mengintip struktur kurikulum SG-PPG yang dikirim seorang teman, lama di kampus hanya 20 + 25 = 45 hari saja. Yang lebih banyak justru praktek di lapangan (sekolah).
Bagaimana Apakah anda Setuju dengan Pelaksanaan Sertifikasi Guru jalur PPG yang katanya harus Berbayar ?

1 Response to "Sertifikasi Guru Melalui Jalur PPG, Haruskah Berbayar?"

  1. Ga setuju...gaji guru swasata perbulan aja masih jauh dr standar UMR...kalo cari pinjaman..hah...jaminannya apa????.mohon untuk dikaji ulang.

    BalasHapus