Langkah-langkah Penginputan Nomor KIP Ke Aplikasi Dapodik tahun 2016

Baca Juga

Program Indonesia Pintar melalui KIP adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu, yang merupakan bagian dari penyempurnaan Program Bantuan Siswa Miskin (BSM). Program Indonesia Pintar melalui KIP ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag).

Program bantuan pendidikan melalui Program Indonesia Pintar ini ditandai dengan pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada siswa/anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu. Kartu Indonesia Pintar (KIP) diberikan sebagai penanda/identitas untuk menjamin dan memastikan seluruh anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu terdaftar sebagai penerima bantuan ini baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak lulus SMA/SMK/MA) maupun melalui jalur pendidikan informal dan non formal.

Baik langsung saja sobat semua, kali ini saya akan membagikan Langkah-langkah Penginputan Nomor KIP ke Aplikasi Dapodik.

1. Tanyakan kepada siswa yang telah mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Setelah itu mintalah Foto Copy KIP tersebut.
2. Lihat bagian belakang kartu, sebelah kanan atas ada No.KIP untuk lebih jelasnya (Lihat gambar diatas)
3. Buka Aplikasi dapodik,
4. Kemudian Klik menu Peserta didik.
5. Pilih peserta sesuai nama yang tertera di kartu Indonesia Pintar (KIP)
6. Klik Ubah.
7. Cari Kolom isian "Penerima KPS/KKS/PKH/KIP: Lalu pilih Ya
8. Akan muncul kolom isian No. KPS/KKS/PKH/KIP:
9. Isikan 6 Digit angka di bagian belakang kartu, sebelah kanan atas. (Lihat gambar diatas)
10. Klik simpan.
11. Segera Lakukan Synkronisasi perhari minimum 2 kali synkron tatkala kita sudah memasukan datanya, jangan menunggu selesai semua di input baru di synkronisasi.

Demikian Langkah-langkah Penginputan Nomor KIP Ke Aplikasi Dapodik tahun 2016, semoga bermanfaat.

Update (sumber : Bpk. Yulian Cahyo Hadi Saputro)
Info.KIP :
Data penerima KIP otomatis di push dari server sebanyak 4,9 juta siswa yg masuk SK hasil matching dr berbagai sumber (dapodik, tnp2k, kemensos). Data SK memuat peserta_didik_id dan no KIP, yang akan otomatis masuk ke aplikasi setelah ops melakukan sync.
Bagi siswa yang tidak mendapat KIP namun layak untuk di ajukan menurut pertimbangan sekolah, bisa di usulkan lewat kolom layak PIP dan alasannya. itu nanti akan ditarik sama tim PIP buat menambah kuota SK.

1 Response to "Langkah-langkah Penginputan Nomor KIP Ke Aplikasi Dapodik tahun 2016"