Cara agar Guru dapat login Dapodik Versi 2017 menggunakan laptop sendiri

Penambahan fitur peran Guru dapat login ke aplikasi Dapodik 2017 adalah merupakan fitur terbaru, samahalnya seperti Aplikasi PMP, Guru dapat login sendiri menggunakan Laptop pribadi masing-masing agar bisa melihat langsung data Guru yang ada didalam Dapodik.

Penambahan ini dilakukan agar Guru bersangkutan dapat mengecek data masing-masing menggunakan login khusus Guru tersebut. Pada saat Guru berhasil login, maka menu yang tampil pada aplikasi hanya menu Beranda, Guru/Tendik, dan Profil Pengguna seperti pada gambar dibawah.
Tampilan menggunakan login akun GTK di dapodik 2017

Fitur ini diharapkan bisa membantu pengguna sekolah dalam melakukan pengecekan sebelum melakukan sinkronisasi/pengiriman data ke pusat karena pengecekan tersebut dilakukan oleh Guru yang bersangkutan. Hal ini juga dapat meminimalisir kesalahan data yang terkirim ke pusat.

Untuk menggunakan fitur terbaru pada Dapodik 2017 ini agar Guru dapat login menggunakan laptop sendiri silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Pastikan guru mempunyai email dan sudah terisi di Dapodik.
  2. Silahkan membuat Akun PTK terlebih dahulu, caranya bisa anda Download DISINI
  3. Setelah guru sudah mempunyai akun dan pastikan user dan paswordnya sudah dicatat oleh guru sekarang tinggal login Dapodik menggunakan Akun PTK tersebut.
Untuk Login menngunakan laptop pribadi masing-masing Guru bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Pastikan sekolah mempunya jaringan wifi atau bisa menggunakan hotspot Android.
  2. Sambungkan Laptop ke jaringan wifi yang akan digunakan untuk login Dapodik.
  3. Pada laptop utama yang terinstal Dapodik silahkan anda tekan tombol windows di pojok kiri bawah layar komputer, lalu arahkan kursor ke menu accessories, lalu ke command prompt, Atau ketikkan "cmd" di menu search.
  4. Jika command prompt telah terbuka, ketikkan "ipconfig"
  5. Cari baris dengan keterangan IPv4 Address. Di sana akan terlihat alamat IP lokal dari komputer tersebut (contoh: 192.168.0.3);
  6. Terakhir silahkan buka dan koneksikan laptop guru masing-masing ke jaringan wifi, setelah sudah tersambung buka browser firefox / chrome dan ketikan IP laptop utama yang tadi sudah dicari dengan menggunakan command prompt, dan tambahkan port Dapodik yaitu 5774, Contoh pengetikannya : (192.168.0.3:5774) tunggu sampai aplikasi terbuka, lalu login menggunakan akun pengguna masing-masing.
Jika masih ada yang kurang jelas silahkan bisa anda unduh Panduan Lengkapnya DISINI
Demikian Cara agar Guru dapat login Dapodik Versi 2017 menggunakan laptop sendiri, semoga bermanfaat,Salam Satu Data Berkualitas.

1 Response to "Cara agar Guru dapat login Dapodik Versi 2017 menggunakan laptop sendiri"

  1. Terlalu ribet mas, soalnya rata2 guru kami belum terlalu pandai IT lagipula jaringan internet tidak ada maklum di pedalaman

    BalasHapus