Juknis BOS 2018 Terbaru untuk SD, SMP, SMA dan SMK

Download Juknis BOS 2018 untuk SD, SMP, SMA dan SMK | Saat ini sudah memasuki anggaran Tahun 2018 dan tentunya terkait dengan pengelolaan Dana BOS juga harus menyesuaikan dengan Petunjuk Teknis BOS. Petunjuk teknis bantuan operasional sekolah atau lebih sering kita sebut Juknis BOS, dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan dan penyempurnaan, setiap awal tahun kita operator sekolah dan tenaga honorer selalu menantikan kabar baik dari terbitnya Juknis BOS Revisi 2018 yang satu ini. Juknis BOS 2018 untuk SD, SMP, SMA, SMK merupakan ketentuan pembiayaan untuk kegiatan satuan pendidikan. Biaya ini merupakan sumber daya keuangan yang disediakan oleh pemerintah dan/atau diperlukan untuk keperluan sekolah yang terdiri dari biaya penyelenggaraan, pengelolaan, dan biaya peserta didik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Juknis BOS 2018 untuk SD, SMP, SMA dan SMK

Tentang Juknis BOS 2018


Juknis dana BOS 2018 untuk SD SMP SMA SMK masih tetap merujuk pada Permendikbud Nomor 26 Th. 2017 Mengenai Panduan Tehnis Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Seperti di ketahui Berkenaan Ketentuan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Nomor 8 Th. 2017 Tentang Panduan Tehnis Bantuan Operasional Sekolah masih tetap ada kekurangan serta belum juga bisa menampung perubahan keperluan masyarakat berkaitan dengan panduan tehnis bantuan operasional sekolah, hingga perlu dirubah. Jadi berdasar pada pertimbangan itu Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan sudah mengambil keputusan Ketentuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor No. 26 Th. 2017 Mengenai Perubahan Atas Ketentuan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Nomor 8 Th. 2017 Mengenai Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah.

Pada awal tahun 2018 ini, kita sebagai operator pendataan sekolah berharap bahwa pembiayaan operator sekolah mendapat perhatian khusus dari dana bos, dibayar rutin dan layak. Hal ini dirasa tidak berlebihan ketika revisi undang-undang aparatur sipil negara di setujui, dimana dalam struktur aparatur sipil negara operator sekolah masuk ke dalam tenaga ahli operator. Jika di simak judulnya "tenaga ahli" seharusnya pembiayaannya khusus dan layak. Sebagai seorang yang ahli, dimanapun tempatnya selalu diperhitungkan keberadaanya dan dijamin kesejahteraannya.
Selain operator sekolah, para tenaga honorer sekolah juga selalu menentikan kabar baik dari juknis bos yang baru, harapannya tidak lain adalah batas persentase yang diperbolehkan bagi penggunaan dana bos untuk membayar gaji tenaga honorer. jika batas ini naik maka ada kemungkinan honornya akan naik.

Tujuan Dana Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2018


Tujuan penggunaan dana BOS di bagi menjadi dua tingkatan yaitu untuk tingkat SD/SMP dan SMA/SMK berikut ini penjelasannya lebih lengkapnya.

1. Tingkat SD/SDLB/SMP/SMPLB

  • Membebaskan biaya berupa pungutan keuangan untuk operasional sekolah bagi peserta didik SD dan SMP yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
  • Meringankan beban pembiayaan operasional bagi sekolah dan biaya bagi siswa di Sekolah dasar dan menengah.
  • Membebaskan pungutan biaya untuk peserta didik SD dan SMP dengan kriteria orangtua/wali yang tidak mampu membayar pungutan sekolah. 


2. Tingkat SMA/SMALB/SMK

Digunakan untuk membantu kegiatan operasional sekolah yang berupa bukan personalia.
Untuk membantu meningkatkan berupa angka partisipasi kasar.
Mengurangi tingkat angka putus sekolah bagi siswa yang tidak mampu.
Untuk mewujudkan keterlibatan Pemerintah Pusat (affimative action) khususnya bagi siswa yang orangtua/wali tidak mampu membiayai operasional sekolah dengan cara membebaskan (fee waive) dan membantu (discount fee) untuk berbagai biaya sekolah dan biaya yang lainnya.
Memberikan kesempatan bagi peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu dengan setara (equal opportunity).

Mengulas tentang Juknis BOS tahun 2017 lalu yang mungkin tidak jauh beda dengan tahun 2018 ini dijelaskan bahwa dalam Pasal 2 (1) Permendikbud Nomor 8 Th. 2017 Mengenai Juknis BOS th. 2017 dijelaskan bahwa Petunjuk tehnis BOS adalah dasar untuk pemerintah daerah propinsi/kabupaten/kota serta satuan pendidikan dalam pemanfaatan serta pertanggungjawaban keuangan BOS.

Berkaitan Penyaluran Dana BOS th. 2017 sesuai Permendikbud Nomor 8 Th. 2017 Mengenai Juknis BOS th. 2017 Untuk SD SMP SMA serta SMK yaitu Penyaluran BOS dari RKUN ke RKUD BOS disalurkan dari RKUN ke RKUD tiap-tiap triwulan pada saat yang ditetapkan melalui aturan perundang-undangan dari Kementerian Keuangan. Adapun BOS untuk lokasi yang dengan geografis begitu susah (lokasi terpencil) disalurkan dari RKUN ke RKUD tiap-tiap semester pada saat yang ditetapkan. Pembagian penyaluran dana setiap triwulan/semester dari RKUN ke RKUD diatur dengan ketetapan persentase seperti berikut :

a. Penyaluran setiap triwulan 

1) Triwulan I : 20% dari alokasi setahun ;
2) Triwulan II : 40% dari alokasi setahun ;
3) Triwulan III : 20% dari alokasi setahun ;
4) Triwulan IV : 20% dari alokasi setahun.

b. Penyaluran setiap semester 

1) Semester I : 60% dari alokasi 1 tahun ;
2) Semester II : 40% dari alokasi 1 tahun.

Penyaluran serta pembagian BOS dikerjakan sesuai dengan ketetapan ketentuan perundang-undangan Kementerian Keuangan.

Terkait Juknis BOS 2018 yang resmi memang belum ada, tetapi kami sampaikan terkait dengan Draft Juknis BOS 2018 yang kemungkinan besar tidak berbeda jauh dengan Juknis BOS nantinya.
Untuk lebih detailnya silahkan Download juknis BOS 2017 di bawah ini.
Nah itulah artikel terkait dengan Juknis BOS 2018 untuk SD, SMP, SMA dan SMK semoga bermanfaat untuk kita semua.

"Sukses bukanlah kebetulan, sukses adalah kerja keras, tekun belajar, berkorban dan yang terpenting ialah mencintai pekerjaan Anda."

1 komentar so far

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.
Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang bisa menjawab silakan untuk bisa membantu
EmoticonEmoticon