Download POS UN 2018 PDF untuk SMP MTs SMA SMK/MA terbaru BSNP

Ujian Nasional (UN) 2018 akan segera dilaksanakan disetiap sekolah seIndonesia, dan sudah menjadi kewajiban setiap sekolah untuk melaporkan jumlah peserta yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2018 mendatang. Prosedur Operasional Standard pelaksanaan Ujian Nasional diterbitkan oleh BSNP. dalam POS Ujian ini tertuang ketentuan penyelenggaraan ujian dari bagian administrasi sampai pengerjaannya. POS UN 2018 mengatur pelaksanaan serta tehnis proses Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.

POS UN 2018

POS UN 2018 ini mengatur penyelenggaraan serta tehnis proses Ujian Nasional tingkat SMP/MTs/SMPLB, SMP terbuka, SMA/MA/sekolah menengah atas agama katolik/sekolah menengah atas teologi kristen. Sementara untuk tingkat SD tetap dalam sistem kajian.

POS UN 2018 - Prosedur Oprasional Standard Ujian Nasional 


Seperti biasa setiap satuamn pendidikan mulai dari Jenjang SD, SMP SMA dan SMK harus mengupdate data peserta Ujian Nasional pada Apliksai BIO UN yg sudah disiapkan Kementerian Pendidikan Indonesia. Karena pentingnya data tersebut, dianjurkan untk setiap sekolah agar mengganti Password untk login ke Aplikasi tersebut, agar data-data sekolah kita aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk menggati Password tersebut tidaklah sulit hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, untk Tutorialnya ikuti petunjuk dibawah ini.

  • Silahkan masuk ke website Bio UN yg beralamat di https://biounsmama.kemdikbud.go.id/
  • Pada halaman login silahkan masukkan Nama Pengguna, Kata Kunci dan Kode Keamanan yg tersedia
  • Kemudian klik tombol masuk dibawahnya

Update Passwod :
Pada laman Update Password silahkan lakukan hal berikut;

  1. Masukan PASSWORD baru anda
  2. Untuk keamanan account anda, silahkan masukan password antara 6 s.d 32 karakter, tanpa spasi dan jangan sama dengan username anda
  3. Password yg paling baik adalah gabungan antara huruf, angka dan simbol contoh "hdhddkk*"
  4. jangan pernah memberitahukan password anda kepada orang lain yang tidak berhak
  5. Ketik ulang password/ kata kunci yg telah anda masukan
  6. Kemudian klik tombol lanjutkan

Update User :
Pada laman Update User silahkan lakukan hal-hal berikut ini :
1. Masukan data lengkap anda
2. Data ini adalah data PEMILIK ACCOUNT dari masing - masing sekolah yang bersangkutan
Yang wajib diisi adalah :
Nama Lengkap :
Nama Panggilan
Jabatan
AlamatTelepon
Tetapi kami merekomendasikan untk memasukan data anda pada semua field yg disediakan
3. Kemudian tekan Lanjutkan.

Update Profil Sekolah :
Pada laman Update Profil Sekolah lakukan hal-hal berikut;
1. Silahkan ubah data sekolah anda jika data yg kami berikan tidak sesuai
2. Silahkan isi data sekolah anda selengkap - lengkapnya
3. Jumlah siswa adalah jumlah semua siswa per kelas pada tahun ajaran tersebut
4. Jumlah paralel kelas adalah jumlah sub bagian kelas pada kelas tersebut
5. Data sekolah ini dapat anda abaikan terlebih dahulu, dan dapat diubah sewaktu-waktu. Dengan melakukan konfirmasi kepada Dinas Pendidikan Propinsi
6. Jika sudah, klik tombol SIMPAN, maka password anda otomatis akan diperbarui.

A. Kriteria peserta ujian didalam POS UN 2018


  1. Peserta didik tercatat pada SMP/MTs/SMPTK, SMA/MA/SMAK/SMTK, SMK/MAK, dan SPK. 
  2. Peserta didik SMK/MAK Program 4 (empat) th. yg sudah menuntaskan sistem pembelajaran selama 3 (tiga) tahun. 
  3. Peserta didik yang mempunyai ijazah atau surat keterangan lain yg setara, atau berpenghargaan sama juga dengan ijazah dari satuan pendidikan yg setingkat lebih rendah. Penerbitan ijazah yg disebut sedikitnya 3 (tiga) tahun sebelumnya mengikuti US, atau minimal 2 (dua) th. untuk peserta program SKS. 
  4. Peserta UN dari program SKS mesti berasal dari satuan pendidikan yang terakreditasi A dan mempunyai izin penyelenggaraan program SKS. 
  5. Peserta didik Warga Negara Indonesia (WNI) pada Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) harus ikuti UN untuk semua mata pelajaran yg diujikan sesuai dengan ketetapan yang berlaku pada pendidikan resmi. 
  6. Peserta didik yang belajar diSPK diIndonesia bisa mendaftar serta mengikuti UN pada unit pendidikannya yg atau satuan pendidikan pelaksana UN terakreditasi A yg ditetapkan oleh Dinas Pendidikan sesuai dengan kewenangannya. 
  7. Warga negara Indonesia yg belajar di sekolah asing diluar negeri bisa mengikuti UN, sesuai dengan ketetapan yang diputuskan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah serta/atau lembaga yg berwenang di Kementerian Agama.


B. Pendaftaran Peserta Ujian Nasional di POS UN 2018


  1. Sekolah/Madrasah pelaksana UN melakukan pendataan calon peserta. 
  2. Sekolah/Madrasah pelaksana UN kirim data calon peserta ke pangkalan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemdikbud) dan mengirimkan tembusannya ke Panitia UN Tingkat Propinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya. 
  3. Panitia Tingkat Propinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya melakukan verifikasi calon data peserta untk ditetapkan menjadi Daftar Nominasi Sementara (DNS) dan mengirimkannya ke satuan pendidikan. 
  4. Satuan pendidikan lakukan verifikasi DNS dan mengirimkan hasilnya ke Panitia UN Tingkat Propinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya. 
  5. Panitia UN Tingkat Propinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya melakukan :  1) pemutakhiran data ;  2) pencetakan daftar nominasi tetap (DNT) ; dan  3) pengiriman DNT peserta UN ke satuan pendidikan. 
  6. Data peserta SILN dikirim ke Panitia UN Tingkat Pusat.

C. Cara Cek Data Peserta UN 2018 sesuai dengan POS UN 2018


  • Buka browser Internet anda, lalu pada tab browser ketikkan alamat atau link berikut : " http :// pdun. data. kemdikbud. go. id/" selanjutnya tekan tombol Enter. dihalaman seterusnya gunakan username serta password login dapodik sekolah anda.
  • Cobalah cermati serta lihat data-data peserta UN yng perlu dicek disana seperti NISN, Nama, Nomor Seri SKHUN, Serta jenis kelamin. Nah untuk perbaikan data NISN dan nama dapat lewat Verval pd, sedang untk nama orangtua dan nomor seri SKHUN dapat lewat dapodik dibagian menu Registrasi.
  • Untuk cetak file PDF data peserta UN sekolah anda, silakan click " Ekspor to PDF " selanjutnya file pdf juga akan terdownload automatis yng bisa anda lihat dipojok bawah situs, click file pilih open untk membukanya
  • Untuk melihat data tempat serta tanggal lahir peserta didik bapak ibu dapat langsung mengklik nama peserta didik lalu ditab baru juga akan ditampilkan data peserta didik yang diklik

Nah itulah prasyarat peserta serta langkah pendaftaran peserta Ujian nasional yang ada didalam POS UN 2018. berikut ini pos un 2018 format pdf.

Sebagai persiapan awal untk siswa, guru ataupun pihak sekolah untk menghadapi penyelenggaran Ujian Nasional tahun 2018, alangkah baiknya siswa, guru ataupun pihak sekolah sudah mempunyai referensi yang pasti berbentuk kisi-kisi terbaru tahun pelajaran 2017/2018 seperti yng sudah admin siapkan berbentuk file pdf dibawah ini serta sudah pasti dapat didownload sesuai keperluan masing-masing.
Demikian informasi terbaru tentang POS UN 2018 untk SMP/MTs SMA/SMK/MA terbaru BSNP, kami akan segera meng update informasi terbaru melalui blog ini tentang POS UN 2018 sesuai dengan BSNP.

"Sukses bukanlah kebetulan, sukses adalah kerja keras, tekun belajar, berkorban dan yang terpenting ialah mencintai pekerjaan Anda."

This Is The Newest Post

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.
Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang bisa menjawab silakan untuk bisa membantu
EmoticonEmoticon