Cara cetak Surat Mutasi/Pindah Peserta Didik melalui Aplikasi Dapodik 2018 B

Cara cetak Surat Mutasi/Pindah Peserta Didik melalui Aplikasi Dapodik 2018 B - Fitur terbaru yang terdapat pada pembaharuan Aplikasi Dapodik Versi 2018B semester 2 ini yang menarik adalah sekolah bisa mencetak surat pindah atau mustasi tanpa harus repot-repot membuat surat pindah sekolah untuk siswa, karena pada pembaharuan aplikasi dapodik terbaru sudah ditambahkan fitur cetak surat mutasi peserta didik atau surat pindah siswa yang bisa otomatis dibuat dan langsung dicetak, bagiman caranya? silahkan ikuti terus tutorial ini.

Cara cetak Surat Mutasi/Pindah Peserta Didik melalui Aplikasi Dapodik 2018 B
Cara cetak Surat Mutasi/Pindah Peserta Didik melalui Aplikasi Dapodik 2018 B

Cara cetak Surat Mutasi/Pindah Siswa melalui Aplikasi Dapodik 2018 B


Penambahan fitur konfirmasi dan cetak surat mutasi peserta didik Pada aplikasi versi 2018b ini, peserta didik yang mutasi akan otomatis dibuatkan surat mutasi berdasarkan isian Dapodikdasmen di sekolah asal. Langkah-langkah untuk melakukan cetak surat mutasi peserta didik adalah sebagai berikut:

1. Pilih peserta didik yang akan dimutasi, klik tombol registrasi dan isi registrasi keluar peserta didik tersebut.
Pengisian registrasi keluar mutasi siswa pada aplikasi dapodik versi 2018 B
Pengisian registrasi keluar mutasi siswa pada aplikasi dapodik versi 2018 B
2. Setelah mengisi registrasi keluar, segera lakukan sinkronisasi agar data lokal di sekolah sama dengan data di server pusat.

3. Selanjutnya pada menu PD Keluar, pilih peserta didik tersebut lalu klik tombol cetak surat mutasi.


4. Maka akan tampil jendela cetak surat mutasi. Status pertama adalah “Belum Melakukan Konfirmasi Cetak”. Untuk melakukan konfirmasi, klik tombol “Konfirmasi Cetak”.

5. Pilih Ya untuk melanjutkan. Pilih dengan hati-hati karena jika konfirmasi cetak selesai dilakukan, maka peserta didik tersebut tidak bisa dikembalikan menjadi peserta didik aktif di sekolah tersebut.

Konfirmasi Cetak Surat Mutasi
Konfirmasi Cetak Surat Mutasi

6. Selanjutnya, jika sudah berhasil melakukan konfirmasi maka pengguna dapat melakukan cetak surat mutasi dengan cara klik tombol “Cetak Dokumen”.

7. Maka akan tampil jendela cetak surat mutasi. Atur sesuai dengan kebutuhan lalu klik print, selesai.

Nah mudah untuk mencetak surat pindah siswa, dengan ditambahnya fitur cetak surat mutasi peserta didik ini maka sangat memudahkan bagi kita selaku operator sekolah, semoga kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi, sebagai tambahan untuk anda berikut saya bagikan panduan lengkap penggunaan aplikasi dapodik versi 2018B.

  • Download Panduan Instal dan Penggunaan Aplikasi Dapodik 2018 B DISINI
  • Download Aplikasi Dapodik versi 2018B DISINI
Baca Juga : Cara instal Aplikasi Dapodik Versi 2018B pada Windows XP, Vista, 7,8 dan 10

Demikian yang admin bagikan pada kesempatan ini tentang Cara cetak Surat Mutasi/Pindah Peserta Didik melalui Aplikasi Dapodik 2018 B, semoga bisa membantu rekan-rekan operator sekolah diseluruh indonesia.

"Sukses bukanlah kebetulan, sukses adalah kerja keras, tekun belajar, berkorban dan yang terpenting ialah mencintai pekerjaan Anda."