Contoh format SK TIM BOS 2018 untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK

Contoh Format SK TIM BOS 2018 untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK - SK TIM BOS yaitu dokumen administrasi yang perlu di buat dalam pengelolaan dana BOS di tingkat satuan pendidikan SK ini merupakan pengganti dari SK Tim Manajemen BOS yg umum kita buat diawal th. anggaran, pastinya telah sesuai dengan Juknis BOS 2018 dengan perubahan itu tentu saja sekolah yang terima dana Batuan Opersional Sekolah harus segera buat perbaikan SK sebagai bukti otentik dalam pelaporan Bantuan Operasional Sekolah.

SK TIM BOS 2018 untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK
Contoh format SK TIM BOS 2018 untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK

Tujuan khusus dibuatnya SK TIM BOS 2018 untuk Sekolah


Tujuan dari dibuatnya SK Tim BOS 2018 yaitu sebagai fasilitas untuk memudahkan dalam pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah. Adanya SK itu maka akan terjalin hubungan kerja pada sekolah dengan wali peserta didik sehingga pelaporan serta penggunaan akan lebih transparan.

Didalam Tim Bos ada banyak unsur utama yang bertindak untuk mengelola Bntuan Operasionl Sekolah yaitu susunan keanggotan, di bawah ini susunan keanggotaan SK Tim BOS.

Sebagai Penanggung Jawab : Kepala Sekolah
Sedangkan untuk Anggota :

  1. Bendahara 
  2. 1 (satu) orang yang di ambil dari orangtua/wali peserta didik diluar Komite Sekolah yg ditunjuk oleh kepala sekolah dan Komite Sekolah. 
  3. Penanggung jawab pendataan Bantuan Operasional Sekolah th. anggaran yg lagi tengah berlangsung 


Tugas pokok Tim BOS 2018 


Di dalam Tim Bos terdapat beberapa unsur utama yang melakukan tindakan untuk mengelola  Bantuan operasional sekolah yaitu susunan keanggotan, berikut tugas pokok dari TIM BOS.


  • Mengisi, mengirim serta meng-update data pokokpendidikan (Formulir BOS-01A, ) dengan lengkap kedalam system yg sudah disiapkan oleh Kemdikbud ; 
  • Buat RKAS yang meliputi semua sumber penerimaan sekolah (Formulir BOS-K1 serta BOS-K2) ; 
  • Memverifikasi jumlah dana yg di terima dengan data peserta didik yang ada ; 
  • Mengelola dana Bantuan Oprasional Sekolah secara bertanggungjawab serta transparan ; 
  • Menginformasikan pemakaian dana BOS di papan pengumuman (Formulir BOS-04) ; 
  • Bertanggungjawab dengan resmi dan material atas pemakaian dana BOS yg diterimanya ; 
  • Membuat laporan realisasi pemakaian dana BOS triwulanan (Formulir BOS-K7 serta BOS-K7A) sebagai bentuk pertanggungjawaban pemakaian dana dan disimpan di sekolah untuk kepentingan monitoring serta audit ; 
  • Membuat serta di tandatangani form daftar penutupan kas serta berita acara kontrol kas (BOS-K7B serta BOS-K7C) ; 
  • Memasukkan data pemakaian dana BOS tiap-tiap triwulan dalam system on-line lewat www. bos. kemdikbud. go. id ; 
  • Membuat laporan tahunan diserahkan ke SKPD Pendidikan Kabupaten/Kota paling lambat tanggal 5 Januari th. selanjutnya ; 
  • Melaksanakan pembukuan dengan teratur (Formulir BOS-K3, ) ; 

Perwakilan anggota dari unsur orang tua siswa melaksanakan fungsi-fungsi pengawasan, kontrol, & memberikan masukan dlm pelaksanaan pertanggungjawaban.

Dalam  menjalankan tugas pokok dan tanggungjawabnya:

  • Bersedia diperiksa dan di audit terhadap seluruh dana yg dikelola sekolah, termasuk dana dari sumber selain dana Bantuan Oprasional Sekolah.
  • Dilarang bertindak menjadi pengecer pembelian buku kepada siswa.

Bagi sekolah yang belum juga memiliki SK Tim BOS 2018 admin sudah menyediakan link download format office word serta bisa untuk di ubah sesuaikan sekolah masing-masing.

Download Contoh SK TIM BOS 2018 DISINI

Demikian yang admin bagikan tentang contoh format SK TIM BOS 2018 untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel