Pedoman Penilaian Angka Kredit Guru Tahun 2018

Bagi guru yang akan meningkatkan kepangkatannya seharusnya guru tersebut mengetahui tentang aturan yang berkaitan dengan angka kredit guru. Angka kredit guru ini menjadi sebuah dasar untuk pengembangan karier dari seorang guru di semua jenjang pendidikan. Angka kredit guru ini tersusun dalam pedoman penilaian angka kredit guru tahun 2018.


Apakah Anda mengetahui bagaimana pedoman penilaian angka kredit guru tahun 2018? Berikut ini ulasannya.

Pedoman Penilaian Angka Kredit Guru


Pedoman penilaian angka kredit guru merupakan petunjuk teknis yang perlu diperhatikan dalam suatu perhitungan dan daftar usulan penilaian angka kredit. Juknis penilaian angka kredit guru bermanfaat untuk memudahkan seorang PNS seperti guru dalam menyampaikan usul tentang penetapan angka kredit dan mempercepat proses daftar usul penetapan angka kredit atau DUPAK itu sendiri.

Berkas daftar usul penetapan angka kredit dan bukti fisik dengan sebuah surat pengantar yang sudah ditandatangani oleh kepala sekolah dan diusulkan kepada Pejabat Penetap Angka Kredit. Bukti fisik itu berupa hasil presentasi kinerja guru yang dapat dinilai dan mendapatkan angka kredit pada saat proses penilaian, yaitu setelah kenaikan jabatan terakhir.

Dalam pedoman penilaian angka kredit guru, ditetapkan bahwa guru Madya golongan ruang IV/c yang akan naik jabatan menjadi guru Utama golongan ruang IV/d wajib melaksanakan presentasi ilmiah dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Guru tersebut telah memiliki 5 angka kredit dari sub unsur pengembangan diri dan 14 kredit angka kredit dari su unsur publikasi ilmiah atau karya inovatif.
  2. Presentasi ilmiah diatur oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Pelaksanaan presentasi ilmiah ini dilakukan secara terbuka dihadapan Tim Penilai Tingkat Pusat dan akademisi. 
Lebih lanjut tentang pedoman penilaian angka kredit guru tahun 2018, dapat diunduh di link di bawah ini:

Download Pedoman Penilaian Angka Kredit Guru Tahun 2018 DISINI

Itulah sekilas pedoman penilaian angka kredit guru tahun 2018 yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan kenaikan pangkat dan jabatan seorang guru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Pedoman Penilaian Angka Kredit Guru Tahun 2018"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel